Monday, July 21, 2008

Serunya Sehat 7: Ga Mau Sakit? Peace Donk!

Buka-buka arsip foto lama, yang udah bulukan n mungkin udah terdesak ke sudut tergelap dari keping terbawah harddisk computer saya *lebayyyyy*, ternyata seru juga (bukan foto2nya sih, tp 'acaranya' yg seru :>).

Sebagian di antaranya inilah.....

Lah koq tumpeng? Iya sih. Ceritanya kan hari itu hari perdamaian dunia. Kapan? Somewhere in the last year. Lupa tanggal persisnya. Trus anak-anak UGM ngadain acara di boulevard kampus mereka. Ga tau acaranya konsepnya apa. Pokoknya terbuka untuk umum gitu deh, semacam pameran tapi bukan. Semacam fair, tapi bukan. Semacam public art, tapi juga bukan. Lah apa donk?

Nah, tumpeng itu salah satu yang didisplay di sana. Tapi itu tu
mpeng bukan sembarang tumpeng loh, tapi tumpeng vegetarian. Ga bau dagink sama sekali, apalagi tulang :) Yang keliatan mirip sate itu dari proteina (daging nabati terbuat dari kedelai yang udah diproses and diilangin minyaknya). Wuih, tapi rasanya ga kalah dengan dagink beneran d....ya...kalah dikit laah..., ehm, kalah rada banyak dink :>

Trus, hubungannya dengan perdamaian? Yah, minimal dengan berveggie, mencoba untuk lebih berkasih sayang n menghargai hidup makhluk laen, gitu deh....


Nah, ini "displayan" laennya hehehe..
Keren juga, demi perdamaian mereka rela berpanas-panas menjadi manusia iklan, ga dibayar lagi.

Dan sambil malu2 awalnya (selanjutnya trus malu-maluin), mereka meneriakkan 'salam perdamaian' ke tiap orang, motor atau mobil yang lewat.

Trus kalau ada paparazzi amatiran mereka bukannya lari tapi malah narsis :D



Biarlah mereka narsis gpp asal tetep peace and ngajak2 hehehe....
















Nah, ini interpretasi anak-anak SD soal perdamaian, yang juga dipajang di sana.
















Yang paling seru ini neh......




FREE HUG FOR PEACE!!!!



tp sayang ada ps-nya: "khusus cewek" :(



Nah yang tambah bikin sebel and susah dimengerti, pas saya bikin banner yang sama, tulisannya persis sis! "free hug for peace, khusus cewek", ehhh ga dapat sambutan. Itu kan namanya diskriminasi! Padahal saya ga ada maksud apa-apa. Semua demi perdamaian. Huh, ternyata biar lagi kampanye damai tetep ada diskriminasi berdasar gender! Huh! :P :=))
Share:

Wednesday, July 16, 2008

Serunya Sehat 6: Wakakak Dulu Ah....

Mueller, seorang Jerman yang sudah bolak-balik ke Indonesia dan lumayan menguasai Bahasa Indonesia, lagi menikmati liburannya di sini. Suatu sore, abis putar-putar kota dan pengen kembali ke hotelnya, dia tersesat, ga tau arah. Well, daripada pusing, mending orang tanya guwa aja deh, pikirnya *hebat ya, mikirnya aja udah dalam Bahasa Indonesia, cuman rada ngaco :D* Lantas dia nyari orang untuk ditanyain (bukan untuk dipukulin loh). Diliatnya seorang anak pake seragam merah putih. Trus dipanggilnya.

"Dek, numpang nanya neh, ini Jalan Sudirman?" tanya si bule.

"Hooh," jawab si bocah singkat, trus lanjut jalan lagi.

"Makasih Dek."

Mueller lantas jalan lagi beberapa saat, trus ngerasa bingung lagi. Koq kayanya pernah ga guwa sini lewat? Pernah ga pernah kaleee..... Trus diliatnya seorang cewe pake baju abu2 putih. Weh, kiyut juga tuh cewe. Guwa dia tanya aja deh...

"Dek, tunggu bentar Dek..." panggil Mueller.

"Ih, enak aja panggil-panggil! Guwa bukan cewe gituan kaleeee," jawab si cewe tersinggung.
"Maksud lo?!" si bule heran, "guwa kan cuman mo nanya jalan?"

"Oh, sorry ya, kirain..." jawab si cewe tersipu..

"Kirain apa?"goda Mueller pura-pura oon. "Eh, ini Jalan Sudirman kan?"

"Iya," si cewe menggangguk.

"Ok, makasih Dek..."

Mueller rada heran. Kok beda? Tadi tuh anak bilang 'hooh', skarang tu cewe bilang 'iya'. Tapi kok sama-sama menggangguk? Sambil tetap ga ngerti, Mueller lanjut jalan lagi. Wah, mending nanya sekali lagi deh, buat mastiin. Nah, ada orang lagi tuh (emang yang laen siamang, orang dari tadi manusia hilir mudik di mana-mana!).

"Misi bentar Dek, mau nanya," seru Mueller pada cowo bertampang mahasiswa itu.

"Yes, I help can you?" jawab si mahasiswa, sekalian mamerin Inggrisnya, yang sialnya masi acakadut :D

Pake Bahasa Indonesia aja kaleeee, pikir si bule. "Ini bener Jalan Sudirman?"

"Benar," jawab cowo itu.

Lah! Beda lagi! Tak tahan pengen tau, si bule nanya lagi.

"Sorry Dek, mau nanya lagi. Saya sebelumnya dah nanya ke dua orang, tapi jawabnya beda-beda. Nah, kamu beda lagi jawabnya!"

"Beda gimana?"

"Gini. Tadi, anak pake seragam merah putih, jawabnya 'hooh'. Trus ada cewe pake abu-abu putih, ngejawab 'iya'. Sekarang kamu bilangnya 'benar'. Nah mana yang betul nih?"

"Oh itu, "si mahasiswa mikir sebentar, "sebenarnya artinya sama. Cuman pilihan katanya tergantung tingkat pendidikan orang tersebut. Kalau pendidikannya masih rendah atau tanpa pendidikan, makenya 'hooh'. Kalau udah rada terdidik tapi masih tanggung, pasti milih 'iya'. Nah kalau udah terdidik banget, kaum intelektual atau mahasiswa, tentu jawabnya 'benar'. Getoo."

Mueller manggut-manggut. "Oh, jadi kamu mahasiswa?"

"Hooh!" jawab si cowo bangga.
Share:

Saturday, July 12, 2008

Serunya Sehat 5: Curhat - Ancur Tapi Tetep Sehat....

Wah kayanya bakal lama ga online neh (inipun terpaksa nebeng. untung banyak laennya yg nebeng juga jd ga malu - orang di warnet :D) Komputer saya rusak kemarin, ga bisa dihidupin. Mungkin gara-gara jaringan listrik di rumah saya ga diarde *rolling eyes*. Nah pas mau saya bawa ke pusat servis, eh malah cpu-nya jatuh!! Ga tau knapa kemarin sial banget, padahal tanggal 13-nya kan sekarang ya? (wekz, takhayul gituan dipercaya!).

Ya udahlah, sementara waktu senggang dimanfaatin dulu untuk membaca dan laen-laen hobby yang selama ini terpinggirkan gara-gara internet :).

Padahal lagi seneng2nya ngiternet neh. Selain belajar bikin blog and melampiaskan hobby blog walking (hih, gitu amat sih istilahnya... melampiaskan! ga ada kata laen apa?), saya juga lagi keranjingan partisipasi di suatu forum. Namanya Mylot. Itu forum keren abis loh. Di sana kita bisa diskusi soal apa aja, tergantung minat kita. N diskusinya ga harus panjang lebar dalem n "penuh pemikiran", tapi biasa aja, satu dua tiga kalimat cukuplah. Kayak chatting gitu. Emang sih, pake Bahasa Inggris. Tapi don't worry be happy, mereka ramah-ramah kok. Mereka ga peduli walau Inggris kita acakadut alias broken English. Yang penting masih bisa ditangkap n dimengerti. Mereka menilai kita bukan dari kepiawaian berbahasa, tapi dari isi pikiran kita (tentunya yang bisa mereka tangkap dalam postingan kita - sama aja dunk!). Yang aku liat malah ada member yang Inggrisnya parah bgt, ampe aku aja ga ngerti kekekek....

Emang member forum itu dari berbagai negara di seluruh dunia. Dan ga melulu dari kawasan barat kayak Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Inggris, Belgia, Polandia, tapi banyak juga yang dari Asia n Afrika. Cina, Philipina, India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Jepang, Korea, Singapura, Afrika Selatan, Maroko... pokoknya banyak deh!

Dan yang lebih seru lagi, ikut forum itu dibayar loh! Tiap kita mulai diskusi baru, ato ngerespon diskusi orang, atau upload foto, kita dapat bayaran. Ga gedhe sih, keciilll malah. Paling 1 - 4 cent (dalam US$) per post. Hihihi kecil kan n ga bisa bwt hidup n menghidupi keluarga dengan tiga anak kan hahaha! Yang penting emang bukan duitnya (meski duit jg penting bgt), tp funnya itu. Kita bisa dapet banyak temen di sana, dari berbagai penjuru dunia. Dan di forum itu juga tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan Inggris kita. Pas ikut forum itu saya jadi lumayan bisa mengekspresikan pikiran secara Inggris (apa sih maksudnya?). N yang jelas itu tempat yang tepat, soalnya kita ga bakalan dihujat gara-gara salah grammar hehe (ada juga sih beberapa yang usil, tapi cuekin aja lagi!).

Oh ya, kalau mau maen or liat2 dulu kaya apa sih situsnya, bisa aja click di sini.
Share:

Thursday, July 10, 2008

Serunya Sehat 4: Hidup Itu Soal Seberapa Sehat Kita Menyikapinya


If you feel that live is too hard for you,



Please look at these pictures, then you will realize how lucky you are...



From her big smile we can learn that life is always promising...


Ranjau pun tak sanggup menyingkirkan senyum dari bibirnya...



Penasaran aja, siapa tega2nya menanam ranjau yg trus keinjek bocah manis ini? Arhgggghhh.....



Share:

Tuesday, July 8, 2008

Serunya Sehat 3: Biar Tetap Sehat....

Kamu kudu:

  1. makan yg baik. ga harus banyak, tp kudu bergizi n bervariasi, kaya serat. Kuncinya, makan makanan yang baik, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat. Kalau malam ya jangan makan yang berat2, kaya barbel, semen satu zak, mobil....eh ngacau. Maksudnya nasi porsi jumbo, daging2an berminyak, manis-manisan...yg gitu-gitu deh. Kalau bisa sekedar buah dan makanan sehat lainnya, jempol! Kalau bisa vegetarian, dua jempol deh. Ingat, you are what you eat. Tapi bukan berarti klw hobby makan buncis trus kita jadi Mr. Bean loh :)
  2. tidur yang cukup. Ga kebanyakan, ga kesedikitan (halahh bahasanya....). Eh, ada penelitian terbaru loh yang hasilnya ngagetin. Ternyata kurang tidur tuh bisa bikin obes! Percaya gak percaya kan? Soalnya biasanya imej kita, kalau kurang tidur bikin kurus n sebaliknya klw kebanyakan tidur badan tambah melar. Ternyata gak kan?
  3. olah raga. Apa aja deh. Kalau ga mau capek2, cukup yg low impact aja. Misalnya jalan kaki. Atau yoga. Wuih yoga tuh keren loh, ga hanya kesehatan fisik kita dapet, tp juga kesehatan mental.
  4. rekreasi, contohnya di tempat seperti ini nih....
  5. banyak senyum. Tau kan, otot2 wajah yg kerja saat kita senyum jauh lebih sedikit ketimbang saat cemberut. Jadinya wajah tetep rileks, keriput juga ogah2an menyambangi wajah kita. Awet muda dokz!
  6. banyak tertawa. Tapi kalau lagi sendirian di tempat umum ya liat kanan kiri (nyebrang kaleee), ntar malah dikira ga sehat.
  7. banyak berpikir positif. Jadi dikurangi tuh pikiran negatif, bagi n kali hehehe.
  8. stop merokok. Ga perlu dijelaskan toh?
  9. errr...masih ada banyak sih, tp kok ingat ya?
  10. ada tambahan?
Share:

Sunday, July 6, 2008

Serunya Sehat 2: Wakakak Itu Sehat Loh...

Bill Clinton, Al Gore, dan Bill Gates meninggal dalam kecelakaan pesawat dan bersama menghadap sang pencipta. Sang penguasa alam itu memandang ke Al dan bertanya, apa yang paling penting bagi dirimu? Jawab Al, dia merasa bumi ini sangat penting dan merawat sistem ekologi bumi bahkan lebih penting.

Tuhan menatap Al dan berkata, "Aku suka jalan pikiranmu, mari, duduklah di tangan kiriku".

Tuhan lalu menanyai Bill Clinton, apa yang paling dia prioritaskan. Clinton menjawab, dia rasa rakyat dan pilihan pribadi mereka adalah yang paling penting.

Tuhan menjawab, "Aku suka caramu berpikir, mari duduklah di tangan kananku."

Lantas Tuhan berbalik ke Bill Gates, yang menatapnya dengan tak senang.

Tuhan bertanya, "Apa masalahmu, Bill?"

Jawab Bill, "Saya pikir Anda duduk di kursi saya."
Share: